Tutorial Gambar Vector menggunakan Corel Draw X7

Hai-hai semua..

Sekarang udah postingan Ke-3 gw nih, yeaaay wkwk~, di page ini gw bakal bahas secara dasar ke para pembaca gw buat bikin gambar vector di Corel Draw X7. kya apasih vector itu? mungkin di SMA kita pernah belajar Vector buat cari Resultan, Arah, Besar. dan yang gw bahas disini lebih kecara penggunaan Vector itu sendiri didalem Corel Draw X7.

nah disini gw bakal bimbing buat bikin vector wajah orang, gw sih sebutnya Vector wajah soalnya setiap bentuk vector yang gw bikin ngikutin terang gelapnya warna di wajah korban. yang gw tau macam” aplikasi vector itu ada 3, vector realis, vector low poly, vector wpap. robert_downey_jr__by_tegarsatria-da633ar

sumber : google

itu tuh contohnyaa, nah skarang yang harus disiapin buat bikin vector. satu, PC atau Laptop yang memuat corel draw. dua, mental dan niat yang kuat biar gambarnya jadi hehehe. pertama buka corel draw dan setel ukuran kanvas seusai yang lu mau.

1

Nah buat file baru dan atur ukuran sesuai ama yang elu mau kemudian klik OK

2

kemudian, klik tulisan File dipojok kiri atas dan cari import, clik, dan input foto yang mau dirubah kedalam bentuk vector

3

langkah selanjutnya ialah, mengubah foto tersebut, intinya tuh biar kita bisa langsung jiplak wajahnya dengan mudah. pergi ke ‘effect’ terletak sebelah dengan ‘file’. kemudian klik’transform’->’posterize’

4

dan selanjutnya tuh ini tampilan setelahnya, tinggal atur pecahan gambarnya (geser” itu tu) abis itu klik OK

5

otomatis foto yang tadi berubah grafiknya menjadi agak pecah, dan menurut gw, ini cara mempermudah kita gaes.

6

kemudian, setelah objek telah siap, kita siapkan senjata kita, gw pribadi menggunakan tools ‘pen’ yang berada di sebelah kiri icon urutan ke-5 dari atas, pilih ‘pen’ dan klik.

7

kemudian perhatikan window disebrang icon ‘pen’ tersebut, kemudian gw saranin untuk ikutin settingan gw nih hehe, soalnya warna kuning mempermudah kita buat bikin garis, tapi balik lagi ke agan agan sekalian.

8

selanjutnya adalah eksekusi, saran dari gw, mulai buat vector dari mata, bibir, hidung, baru kulit wajah, sebab itu mempermudah gw hehehe. klik titik pertama di ujung mata, dan klik titik kedua diatasnya tapi tahan dulu, untuk menentukan lengkungan vectornya.

9

kalau cara gw, gw buat serpihan-serpihan kecil lalu menggabungkan semuanya biar banyak warnanya, kuncinya semakin banyak gradasi warna yang kita mainin kita bakal dapet hasil yang lebih bagus gaes -,-. kalo emg susah samain warnanya, coba agan liat icon ‘pinset tetes’ diatas kemudian klik, otomatis kursor panah kita bakal berubah kebentuk pinset tetes itu, trus tinggal kita klik deh warna yang ada di foto tersebut.

10

itu warnanya udah item gaes -,-. selanjutnya adalah menghilangkan garis kuning tadi, dengan cara klik lambang pena disamping icon ember diatas, trus liat baris pertama, ubah jadi ‘none’ dan klik. tara~ pecahan vector itu tinggal fill aja gaes.

11

nah ini masuk kebagian yang susah, yaitu “improviasasi”. gw disini cuman bahas dasaaar bgt, karena kalo gw contohin ampe abis, lama gaes bacanya kckc~ ntar keburu bosen lagi. improviasi ini untuk menyesuaikan bentuk” vector yang kita buat, hingga tersusun rapih semua, oiya misalnya untuk bentuk vector kedua agan mau letakan dibawah bentuk vector pertama tadi, gini caranya.

13

klik kanan pada bentuk vector kedua, ‘order’->’in front of..’ selanjutnya kursor agan bakal berubah jadi tanda panah gede. kek dibawah ini nih

 

14

selanjutnya tinggal klik lembar backgroundnya dan tara~ posisi keduanya bakal berubah gan!

15

nah itu dia pembahasannya, kalo emg agan mau tau lengkap dan mau mahir, banyak2in latihan dan nonton tutorial di youtube gan!. berikut hasil dari gw  nih, foto vector raisa dengan improvisasi gw hehehe. makasih bgt yaa udah sempet” mampir kesiniii, semoga bermanfaat dan bisa membantu agan sedikiit sedikiit yaa… silahkan coba dan jangan nyerah, karna ini betulan susah kal emg gambarnya susah -,-. buat ayng mau tau lebih lengkap dari gw, boleh kirim pesan ke email gw kok ke – bluefeline310@gmail.com

Trimakasih yaa udah mau mampir :’)

a

Leave a Reply

