Tutorial Gambar Vector menggunakan Corel Draw X7

Hai-hai semua..

Sekarang udah postingan Ke-3 gw nih, yeaaay wkwk~, di page ini gw bakal bahas secara dasar ke para pembaca gw buat bikin gambar vector di Corel Draw X7. kya apasih vector itu? mungkin di SMA kita pernah belajar Vector buat cari Resultan, Arah, Besar. dan yang gw bahas disini lebih kecara penggunaan Vector itu sendiri didalem Corel Draw X7.

nah disini gw bakal bimbing buat bikin vector wajah orang, gw sih sebutnya Vector wajah soalnya setiap bentuk vector yang gw bikin ngikutin terang gelapnya warna di wajah korban. yang gw tau macam” aplikasi vector itu ada 3, vector realis, vector low poly, vector wpap. robert_downey_jr__by_tegarsatria-da633ar

sumber : google

itu tuh contohnyaa, nah skarang yang harus disiapin buat bikin vector. satu, PC atau Laptop yang memuat corel draw. dua, mental dan niat yang kuat biar gambarnya jadi hehehe. pertama buka corel draw dan setel ukuran kanvas seusai yang lu mau.

1

Nah buat file baru dan atur ukuran sesuai ama yang elu mau kemudian klik OK

2

kemudian, klik tulisan File dipojok kiri atas dan cari import, clik, dan input foto yang mau dirubah kedalam bentuk vector

3

langkah selanjutnya ialah, mengubah foto tersebut, intinya tuh biar kita bisa langsung jiplak wajahnya dengan mudah. pergi ke ‘effect’ terletak sebelah dengan ‘file’. kemudian klik’transform’->’posterize’

4

dan selanjutnya tuh ini tampilan setelahnya, tinggal atur pecahan gambarnya (geser” itu tu) abis itu klik OK

5

otomatis foto yang tadi berubah grafiknya menjadi agak pecah, dan menurut gw, ini cara mempermudah kita gaes.

6

kemudian, setelah objek telah siap, kita siapkan senjata kita, gw pribadi menggunakan tools ‘pen’ yang berada di sebelah kiri icon urutan ke-5 dari atas, pilih ‘pen’ dan klik.

7

kemudian perhatikan window disebrang icon ‘pen’ tersebut, kemudian gw saranin untuk ikutin settingan gw nih hehe, soalnya warna kuning mempermudah kita buat bikin garis, tapi balik lagi ke agan agan sekalian.

8

selanjutnya adalah eksekusi, saran dari gw, mulai buat vector dari mata, bibir, hidung, baru kulit wajah, sebab itu mempermudah gw hehehe. klik titik pertama di ujung mata, dan klik titik kedua diatasnya tapi tahan dulu, untuk menentukan lengkungan vectornya.

9

kalau cara gw, gw buat serpihan-serpihan kecil lalu menggabungkan semuanya biar banyak warnanya, kuncinya semakin banyak gradasi warna yang kita mainin kita bakal dapet hasil yang lebih bagus gaes -,-. kalo emg susah samain warnanya, coba agan liat icon ‘pinset tetes’ diatas kemudian klik, otomatis kursor panah kita bakal berubah kebentuk pinset tetes itu, trus tinggal kita klik deh warna yang ada di foto tersebut.

10

itu warnanya udah item gaes -,-. selanjutnya adalah menghilangkan garis kuning tadi, dengan cara klik lambang pena disamping icon ember diatas, trus liat baris pertama, ubah jadi ‘none’ dan klik. tara~ pecahan vector itu tinggal fill aja gaes.

11

nah ini masuk kebagian yang susah, yaitu “improviasasi”. gw disini cuman bahas dasaaar bgt, karena kalo gw contohin ampe abis, lama gaes bacanya kckc~ ntar keburu bosen lagi. improviasi ini untuk menyesuaikan bentuk” vector yang kita buat, hingga tersusun rapih semua, oiya misalnya untuk bentuk vector kedua agan mau letakan dibawah bentuk vector pertama tadi, gini caranya.

13

klik kanan pada bentuk vector kedua, ‘order’->’in front of..’ selanjutnya kursor agan bakal berubah jadi tanda panah gede. kek dibawah ini nih

 

14

selanjutnya tinggal klik lembar backgroundnya dan tara~ posisi keduanya bakal berubah gan!

15

nah itu dia pembahasannya, kalo emg agan mau tau lengkap dan mau mahir, banyak2in latihan dan nonton tutorial di youtube gan!. berikut hasil dari gw  nih, foto vector raisa dengan improvisasi gw hehehe. makasih bgt yaa udah sempet” mampir kesiniii, semoga bermanfaat dan bisa membantu agan sedikiit sedikiit yaa… silahkan coba dan jangan nyerah, karna ini betulan susah kal emg gambarnya susah -,-. buat ayng mau tau lebih lengkap dari gw, boleh kirim pesan ke email gw kok ke – bluefeline310@gmail.com

Trimakasih yaa udah mau mampir :’)

a

Advertisements

Cara Membuat Stiker di LINE

Nih gw mau share proses pembuatan skiter Line,dari daftar sampai di terima ama pihak Line. pertama bgt lu harus punya akun Line. trus harus ada niat, biar bisa jadi stiker luu.

pergi ke https://creator.line.me/id/ trus bakal muncul tampilan kya dibawah ini;

1

klik ‘mendaftar disini’, abis itu lu bakal di oper ama site itu untuk log-in akun line elu. kalo emang lu bingung ngisi email ama passwordnya apa, lu pergi ke pengaturan Line di hp lu, LINE->More->klik’icon option’->account->set email. intinya di hp lu ikutin aja arusnya biar bisa dapet email yang udah di verifikasi buat log-in Line.

misalnya udah log-in line creator, lu bakal disambut ama halaman web yang kya gini ;

2

Nah, yang pertama kali harus lu atur itu tentang informasi akun Line Creator punya elu.*buat yang baru bikin udah di tuntun kok nnti ama web itu sendiri buat isi informasi pribadi* tapi gw bahas sedikit disini. jadi lu klik pengaturan akun. dan bakal ketemu halaman site kya gini ;

3

nah, ada info dasar, pengaturan alamat email dan info tujuan transfer. dan yang paling vital menurut gw itu di info tujuan transfer, karna kalo itu gadiisi lu gabisa ngajuin gambar stiker elu ke pihak Line. buat info dasar, yang harus diisi itu bagian yang dikasih tanda ‘centang’. kalo emang udah diisi klik ‘simpan’ atau ‘save’ buat lanjut ke pengaturan selanjutnya.

4

buat pengaturan email itu ga banyak, kyanya cuman chek email elu, biar Line bisa ngabarin tentang penjualan stiker lu, trus selanjutnya itu info tujuan transfer. dan halaman sitenya;

5

yap! lu harus punya Paypal. sepaham gw, line cuman bisa kirim dana penjualan lewat paypal, dan misalnya lu buat paypal, lu harus punya kartu kredit gan, kalo emg belum punya tinggal klik ‘akun paypal’, dan otomatis tab windows lu nambah dan ngarahin lu ke paypal. kya gini nih;

6

kalo pengaturan akun udah slesai, balik lagi kehalaman awal kreator line. dan klik ‘mendaftar baru’ trus pilih deh lu mau buat stiker atau tema di Line.

7

gw ambil contoh buat bikin stiker yak, klik ‘stiker’ dan lu bakal disambut halaman site kya gini nih;

8

contoh diatas itu udah gw isi data buat stiker yang gw mau upload, disana ada tab info penampilan, gambar stiker, dan info harga jual.

buat info tampilan tinggal diisi sesuai stiker yang lu mau buat, ada saran dikit. pihak line bakal reject hasil karya lu misalnya judul stiker ama stikernya ga sesuai. jadi harus sesuai ama tema atau nama stiker yang lu buat.

dan buat gambar stiker itu bisa elu atur banyak stiker yang lu mau upload, dari 8, 16, .. 40 stiker. buat ketentuan dan syarat stiker di chek di

https://creator.line.me/en/review_guideline/

disitu jelas kok syaratnya, behh mantav vroh. selanjutnya untuk pengaturan harga nih, paling murah itu 50 coin dan disana 50 coin = 12k IDR. jadi biar laris stikernya, pasang harga murah, trus upload 40 gambar stiker, hihi. itu juga kalo banyak yang suka.

11.png

itu stiker set pertama gw, yang belum beli, dan yang mau beli, gw seneng dah ntar, seriusaan. cuman 50 coin ajaa, atau bisa pake point 15000 point, point gampang kok carinya hihi, pergi ke hp lu, LINE->more->point. ikutin aja promonyaa, trus bisa deh beli stiker gw hihihi, makasih juga yaa yang udah belii dan apresiasinya, semoga menyenangkan hehe,

nah balik ke judul, misalnya lu udah atur tentang info stiker, gambar, harga. klik ‘request’ atau ‘permintaan’ dipojok kanan atas.

8

dengan lu klik ‘request’ atau ‘permintaan’ lu bakal nunggu respon dari pihak Line. dan sepengalaman gw, gw dapet respon + revisi itu 2-3 minggu setelah gw request ke Line.dan gini nih revisi dari pihak linenya..

10

yang gw tangkep dari tulisan pihak Line itu, stiker gw di tolak karena ukuran gambar ama layar background itu kurang ketengah, ya abis baca saran revisi pertama gw langsung atur posisi gambar biar pas ditengah” background. trus revisi kedua itu isinya judul ama stiker gw ga cocok. dan dilampirin gambar mana aja yang ga sesuai. iyasih bete. tapi gw tetep kerjain dan nunggu hasil.

dan dapet lagi balesanya gan, di reject lagi, gini nih isinya;

9

dijelasin didalem pesanya itu, 1. ada stiker gw yang gak transparan layarnya. dan 2. ada stiker gw yang mirip bentuknya, *keliatan copasnya*, lanjut aja gw turutin apa yang Line mau. trus klik request lagi. dan untuk pesan ketiga, ternyata stiker gw udah di accpet, dikirim lewat email.

12.png

widih girang kan tuh gw, langsung misalnya lu kya gw juga, pergi ke Line Creator lagi, dan cari data stiker lu, klik ‘upload’ dipojok kanan atas, abis itu tunggu beberapa jam, dan lu bakal dapet email yang isinya;

13.png

dan otomatis stiker gw bisa dinikmati dan dipakai oleh pengguna line, Terimakasih Line hihi. buat yang kurang informasinyaa, bisa komen dibawah, atau kirim email ke gw, insyallah gw bantu :’D

 

 

Blog perdana #papercraft #pepakura

hai, waah sebelumnya gw mau terimakasih buat kalian yang capek” klik link site gw, buat mampir sebentar, makasih yaa..

nah, buat kedepannya gw bakal mikir buat isi ini blog atau site atau terserahlah hihi. sebelum gw publish artikel yang niat, gw mau sharing” tentang paper art. ini gw ceritain sesuai ama yang gw dapet dari internet yak, paper art itu banyak, tapi gw mau kerucutin untuk membahas ‘papercraft’, menurut gw papercfart itu seni melipat, menggunting  kertas yang telah memiliki pola menjadi suatu bentuk 3 dimensi. dan kadang gw suka nemuin bentuk papercraft yang keren bgt di internet.

pepakura___batman_by_distressfasirt-d8k5a3t.jpg

 

dan yang kalian liat diatas itu bersumber dari devian art. nah kalo kalian penasaran gimana cara buatnya, gw bakal jelasin sepengetahuan gw ya, maaf nih kalo salah hihihi. awal mula gw ketemu gambar itu dari temen gw, yang nunjukin foto iron man skala 1:1 dari kardus, and its awesome.. #saek. gw langsung kepo, gw jelajahin internet dan akhirnya gw ketemu solusinya, ‘pepakura’ itu semacam aplikasi design buat papercraft dan ada juga aplikasi viewer papercraft. dan jujur gw ga ngerti sama sekali buat file baru dan buat design baru via pepakura.designer dan gw bermula buat cari ‘file jadi’ di internet buat ngasah tangan gw hihi, oiya ini dia pepakura iron man skala 1:1 yang gw ceritain tadi.

e80ba705a10c08eb6ed4530dc3958ee2.jpg

dan waktu itu udah beberapakali gagal, akhirnya ada yang hampir slesai hihi, gw coba download pepakura.file dari helmet deathstroke, dia tuh tokoh komik DC, dan pola kertasnya itu parah bgt kecilnya, singkat cerita gw berhasil buat dan ini hasilnya.

IMG_3280.JPG

oiya, ga harus jago buat ngelakuin beginian, yang lu harus punya cuman kemauan yang kuat bro,sis. dan bahan” yg gw pake waktu print pola helmnya pake kertas karton A4 karna buat dapet pondasi yang kuat harus ada bahan yang kuat juga tohh? hihi, dan ini pola helmetnya ya,

SHlem-Defstrouka-svoimi-rukami.jpg

nah, misalnya agan” udah lancar sampai tahap merakit, yang dilakukan selanjutnya itu tahap ‘pengerasan’, yang harus di siapin itu : resin + katalis (secukupnya), dempul + katalis, amplas,fiberglass +kesabaran. ditahap ini bakal kenalan ama rasa lengketnya kena resin, dan panasya kulit pas kena tangan. jadi hati hati yak, misalnya udah kekumpul semua, yang harus dilakukan itu melapisi helm kertas tsb dengan resin yang sudah dicampur sedikit katalis, dan perbandingan resin katalis bisa 50:5 atau lebih, karna semakin banyak agan campur katalis maka semakin cepat katalis itu mengeras, pada saat adonan resin siap, oleskan luar dalam dengan merata, dan diamkan hingga kering, jika sudah, masuk ke tahap pelapisan dengan fiberglass, fiberglass dan resin bisa didapat ditoko kimia ataupun perlengkapan kolam renang lho, lapisi bagian dalam helm dengan fiberglass kering, jika sudah, barulah basahin fiberglass tsb dengan resin lagi, agar helm kuat. selanjutnya agan polesin dempul dibagian luar helm dan mulai dengan mendempul, disini butuh ekstra kesabaran agan. karna harus pake feeling hihi. berikut foto helm tahap pengerasan dan pengamplasan.img_4624

nahh, liat tuh hihi, punya gw aja masih bopak”. jadi agan” harus lebih alus ya hasilnya hihihi, oiya kalau agan telalu sedikit camput dempul+katalis, bisa” lama bgt keringnya itu dempul, jadi harus lebih teliti ya, dan ini hasil terakhir dari helmet deathstoke gw gan, buat yang mau download aplikasi viewernya bisa di klik link dibawah ya, terimakasih udah baca ampe paragraf akhir hihihi. stay tune yak, biar gw bisa sharing” lagiii, babay!

IMG_0292.JPG

buat link aplikasi viewernya klik ini ya gan:

http://www.tamasoft.co.jp/pepakura-en/download/get_pepakura4.php